Jumat, 17 Juli 2009

MOS ( Masa Orientasi Siswa )

Setiap menapaki awal tahun ajaran baru dijenjang pendidikan sekolah menengah pertama , sekolah menengah atas maupun di perkuliahan selalu ada suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan apa , bagaimana dan apa yang harus dilakukan jika kita memasuki lingkungan baru dalam menempuh pendidikan. Kegiatan tersebut dikenal dengan nama Masa Orientasi Siswa ( MOS ) untuk jenjang SMP / SMA . Sedangkan di kampus dikenal dengan nama OPSPEK ( Orientasi Program Studi dan Pengenalan Kampus).
Di era lama MOS dan OPSPEK selalu dipandang miring sebagai sebuah ajang "Perpeloncoan" , ajang balas dendam karena dulu pernah dipelonco oleh seniornya . Padahal tidak semua penyelenggara kegiatan selalu melaksanakan acara yang bernuansa perpeloncoan. Sehingga di era sekarang pendapat itu harus hilang dari dunia pendidikan kita dengan cara mengemas secermat dan seselektif mungkin acara atau isi dari kegiatan yang akan diberikan kepada peserta orientasi itu. Tentunya untuk SMP / SMA peran guru ( Kepala sekolah , pembina Osis dll) harus benar-benar nampak dalam kegiatan itu.
Selama MOS berlangsung (biasanya dilaksanakan 3 hari) diupayakan jangan sampai tidak ada Guru pendamping sama sekali, karena bagaimanapun kita membekali siswa tentang rambu-rambu pelaksanaan MOS jika tanpa pantauan guru secara langsung bisa dimungkinkan keinginan untuk melakukan sesuatu yang diluar garis yang diberikan bisa terjadi, sehingga kehadiran guru pendamping amat sangat diperlukan.

Dengan adanya pantauan guru diharapkan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama seperti kejadian yang menimpa siswa peserta MOS di salah satu sekolah di Jawa Timur yang berakibat sampai meninggal dunia. Mudah-mudahan peristiwa itu bisa membuka mata hati kita semua ( terutama dunia pendidikan ) untuk dapatnya bisa mengemas secara baik dan bijak tentang isi dari Masa Orientasi Siswa (MOS) : kegiatan harus berbentuk apa , materi yang diberikan tentang apa dan permainan apa saja yang cocok dan harus dilakukan agar tujuan dari pelaksanaan MOS itu bisa tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar