Jumat, 07 Agustus 2009

MGMP / KKG masihkah diperlukan?

Dimana ada kegiatan pendidikan dijenjang apapun baik SD/MI , SMP/MTs maupun SMA/MA/SMK ,istilah MGMP (untuk SMP/MTs , SMA/MA/SMK ) ataupun KKG ( untuk SD/MI ) adalah bukanlah sesuatu hal baru bagi kita terutama yang berkutat dilingkungan pendidikan terutama guru. MGMP (Musyawarah Guru Mata pelajaran) atau KKG ( Kelompok Kerja Guru) adalah sebuah wadah dan wahana untuk berkumpulnya para pendidik disana kita dapat saling bertukar wawasan atau saling berdiskusi atas permasalahan yang timbul dan ada dilingkungan tempat para guru bertugas dengan berbagai ragam latar belakang anak didiknya. Permasalahan itu dapat muncul kepermukaan manakala sang guru mau dan berhasrat untuk mencoba menyampaikan keforum diskusi tersebut untuk mendapatkan masukan atau mungkin solusi dari rekan-rekan guru lainnya yang hadir pada forum itu.

Bisa jadi permasalahan yang disampaian ke forum diskusi tersebut oleh beberapa guru bukanlah sesuatu yang dianggap "bermasalah" tetapi oleh sebagian yang lain mungkin hal tersebut juga menjadi masalah yang kiranya perlu adanya solusi untuk memecahkannya. Terkadang permasalahan itu memang sengaja tidak dimunculkan karena "faktor malu" dari pribadi sang guru itu sendiri, yang semestinya pandangan seperti tidaklah harus terjadi. Oleh karena itu melalui tulisan ini mari mulai sekarang kita buang jauh-jauh "faktor malu" itu agar kedepan tugas kita untuk mencerdaskan anak bangsa bisa dapat dilaksanakan dengan penuh semangat, optimis dan berupaya sekuat tenaga agar kita / para pendidik selalu diberi kekuatan lahir bathin sehingga dapat melaksanakan tugas negara ini dengan rasa percaya diri yang tinggi. Insya Allah , Tuhan memberkati kita semua, Amin ya robbal alamin.

Pendidikan di tingkat SD adalah awal penanaman konsep/ teori sebagai dasar penggunaan konsep di jenjang pendidikan berikutnya. Oleh karena itu mohon kepada rekan-rekan guru di SD untuk dapatnya menyampaikan konsep-konsep dasar dari sebuah teori disampaikan dengan secara benar sesuai dengan konsep yang sesungguhnya. Kami sadar tugas seorang guru di SD memang berat, karena sebagai guru kelas harus menyampaikan beberapa mata pelajaran yang mungkin dari beberapa mata pelajaran tersebut ada satu yang kurang dikuasai walaupun di bangku perkuliahan dulu sudah diberikan. Apalagi untuk rekan-rekan guru yang masih baru, mungkin latar belakang masuk IKIP / FKIP karena sedikit terpaksa daripada tidak kuliah. Sehingga bekal ilmu yang diterima di bangku kuliah tidak maksimal dan mungkin belum dikuasai.

Dengan beberapa hal tersebut penulis mengajak dan menyarankan kepada semua rekan guru dari jenjang pendidikan apapun, marilah kita manfaatkan sebaik-baiknya keberadaan MGMP / KKG yang ada dilingkungan kita, baik ditingkat kecamatan maupun kabupaten. Insya Alloh jika kita mengoptimalkan keberadaan forum itu kedepan dunia pendidikan yang kita akan lebih baik, Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar